Ahmad Agus Arifin Seseorang yang suka sesuatu yang berhubungan dengan Internet dan Games. Selain itu ingin menjadi Pengusaha yang sukses dan berguna untuk orang disekitarnya.

Cara Menghubungkan Android Dengan Windows

1 min read

Cara Menghubungkan Android dengan Windows Via Bluetooth

Salah satu cara kita untuk mentransfer data dari PC / Laptop selain menggunakan kabel data, kita juga bisa menggunakan Bluetooth sebagai alat untuk transfer data. Penggunaan Bluetooth ini biasanya karena kendala tidak adanya kabel data, ataupun kabel data yang digunakan tidak menjangkau device yang terlalu jauh. Perangkat bernama Bluetooth ini merupakan perangkat lawas yang digunakan pada perangkat handphone untuk melakukan transfer data antar handphone.

Tapi dengan perkembangan teknologi, Bluetooth tidak lagi hanya bisa digunakan untuk transfer data, tapi bisa juga digunakan untuk sharing contact dan menjadi speaker hp android kita.

Cara Menghubungkan Android Dengan Windows 10 Via Bluetooth

Disini kita akan membahas bagaimana cara  menghubungkan HP android ke windows 10 melalui Bluetooth.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan ialah mengaktifkan perangkat Bluetooth di laptop atau PC kita. Caranya kita menuju ke menu setting dengan mengklik kanan ikon windows di pojok kiri bawah kemudian pilih setting.
    Cara Menghubungkan Android dengan Windows Via Bluetooth 2
  2. Setelah jendela setting muncul kita klik device, dimana perangkat Bluetooth kita tersedia.
  3. Posisikan perangkat Bluetooth kita ke posisi “on”.
  4. Setelah Bluetooth di perangkat PC kita sudah aktif, kita tinggal mengaktifkan perangkat bluetooth di android kita, dengan cara masuk menu setting lihat pada menu wireless dan network, kemudian pilih Bluetooth, jangan lupa untuk memberi nama perangkat Bluetooth kita agar bisa dilihat perangkat lain, posisikan pada posisi “on”.
    Cara Menghubungkan Android dengan Windows Via Bluetooth 3
  5. Kembali ke perangkat PC kita, pada jendela Bluetooth di PC akan mendeteksi perangkat Bluetooth terdekat, setelah terdeteksi, klik nama Bluetooth kita dan lakukan pairing antara PC dan Bluetooth.
  6. Pada saat pairing akan muncul pop up dimana kita harus mengisikan password yang sama dengan password yang kita setting di perangkat PC kita, setelah disini tekan OK maka secara otomatis PC dan hp android kita akan saling melakukan pairing.
  7. Setelah pairing selesai akan muncul di jendela Bluetooth PC kita bahwa perangkat Bluetooth android kita sudah saling terkoneksi. Dan siap melakukan transfer data.
    Cara Menghubungkan Android dengan Windows Via Bluetooth 1
  8. Apabila transfer data yang telah kita lakukan telah selesai dan Bluetooth kita matikan, kita tidak perlu lagi melakukan pairing, karena secara otomatis apabila PC mendeteksi nama Perangkat Bluetooth kita maka akan tersambung secara otomatis.

Catatan yang perlu diperhatikan adalah periksalah laptop atau PC kalian apakah ada perangkat Bluetooth atau tidak, karena kalau pun ada perangkatnya tp belum melakukan instalasi perangkat Bluetooth di PC maka perangkat ini tidak akan bekerja.

Untuk cara instalasi perangkat Bluetooth di PC bisa kalian lihat di buku panduan yang dibawa untuk tiap – tiap laptop atau PC, dan untuk file instalasi biasanya terdapat CD driver yang digunakan untuk mengaktifkan perangkat yang ada di dalam PC atau Laptop.

Begitulah cara kita menghubungkan perangkat PC kita dengan perangkat android kita melalui Bluetooth. Kekurangan dari penggunaan perangkat Bluetooth ini adalah kecepatan transfer file yang bisa dibilang lambat, apabila kita mentransfer file dengan ukuran lebih dari 10MB saya paling tidak membutuhkan waktu 2 menit, berbeda apabila kita menggunakan kabel data untuk mentransfer file, karena penggunaan kabel data kecepatan yang didapat bisa sampai 50 MB per detik untuk transfer file dari PC ke perangkat android kita.

Ahmad Agus Arifin Seseorang yang suka sesuatu yang berhubungan dengan Internet dan Games. Selain itu ingin menjadi Pengusaha yang sukses dan berguna untuk orang disekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!